Tim Rugby Papua Tengah Bertolak ke Banten Ikut Kualifikasi Pra PON XXI

By. The Kuskus Rugby - 28 Jul 2023

Bagikan:
img

28 juli 2023, KoranPapua.id


TIMIKA, Koranpapua.id– Tim Rugby Papua Tengah dipastikan ikut dalam babak kualifikasi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung tanggal 1-5 Agustus di Lapangan Benteng Reborn, Tengerang Banten.


Tim yang terdiri dari atlet dan official telah bertolak ke Tangerang melalui Bandara Mozez Kilangin Timika menggunakan pesawat Airfast PT Freeport Indonesia, Jumat 28 Juli 2023.


Odizeus Beanal, B.Sc, Plh Ketua Rugby Provinsi Papua Tengah mengatakan, babak kualifikasi Pra PON akan dikuti 16 provinsi di Indonesia.
 

Odizeus berharap anak-anak Papua Tengah bisa mendapatkan tiket sebagai peserta PON XXI Sumatera dan Aceh tahun 2024.


Untuk mengikuti kualifikasi ini, para atlet Rugby Papua Tengah sudah dengan serius melakukan latihan. Walaupun tidak menyebut secara gamblang, Odizeus menyampaikan ada beberapa kendala yang mereka alami selama persiapan.

 

Dalam rilis yang diterima Koranpapua.id, beberapa kendala yang dihadapi tim Rugby diantaranya, belum tersedianya fasilitas pendukung seperti lapangan rugby di Provinsi Papua Tengah. Termasuk tidak adanya dukungan dana dari KONI Provinsi Papua Tengah.


Meski demikian, Odizeus bersyukur karena masih ada donatur yang mensuport sehingga tim Rugby Papua Tengah bisa mengikuti babak kualifikasi PON XXI di Banten.


Ia menyebutkan, untuk tiket Airfast Timika- Jakarta (PP) dibantu oleh PT Freeport Indonesia.


Sementara untuk biaya penginapan di hotel, transportasi dan makan minum selama mengikuti kualifikasi disponsor oleh empat orang donatur.


“Kami sadar bahwa Rugby mungkin bukan olahraga yang populer di Papua Tengah saat ini atau di Indonesia pada umumnya. Namun Rugby adalah olahraga yang sangat populer di dunia,” ujar Odizeus.

 

Bakat dan talenta para atlet masih dapat dikembangkan secara maksimal, jika mereka mendapatkan dukungan dan perhatian dari KONI, pemerintah provinsi, Freeport dan stakeholder yang ada di Papua Tengah. Bahkan atlet Rugby memiliki kemampuan untuk bersaing dengan pemain Rugby dari negara lain.
 

“Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Papua Tengah agar atlet Rugby dapat berangkat dengan aman dan selamat hingga tiba di Banten. Dan semoga mereka bisa lolos babak kualifikasi sehingga mereka bisa tampil di PON Aceh Sumatera 2024,” harapnya. (redaksi)

Untuk Artikel lengkapnya , harap klik link di bawah ini =
https://koranpapua.id/2023/07/28/tim-rugby-papua-tengah-bertolak-ke-banten-ikut-kualifikasi-pra-pon-xx1/