Putra Amungme Yakob Beanal Bawa Tim Rugby Papua Raih Emas PON XX

By. The Kuskus Rugby - 24 Oct 2021

Bagikan:
img

Pemain Rugby Asal Kampung Wa Banti, Yakob Beanal dengan Medali Emasnya mampu membawa Tim Rugby Putra PON Papua menyabet emas.

Posted in: Timika Bisnis, 24th October 2021

 

TIMIKA, (timikabisnis.com) – Siapa yang sangka anak dari lembah Wa Banti bernama Yakob Beanal merupakan satu pemain dari sekian banyak pemain Papua yang berperan menghantarkan Tim Rugby  Putra Papua merebut medali emas.
 

Sebagaimana rillis yang diterima redaksi Timikabisnis.com dari humas tim Rugby PON Papua, Senin (25/10/2021) pagi, menyebutkan Yakob Beanal adalah tipe pemain rugby yang sangat telaten dan disiplin selama menekuni olahraga rugby.


Sejak dipanggil bergabung bersama tim Rugby Putra Papua dalam ajang PON XX yang baru berakhir beberapa waktu lalu, dia adalah anak asli Amungme dari Kabupaten Mimika tepatnya dari kampung Wa Banti, distrik Tembagapura.


Kita tentunya merasa bangga dan senang melihat seorang anak muda dari sebuah kampung yang jauh dari kota, mampu bersinar dan menjadi salah satu pemain yang dipercayakan sebagai salah satu pemain kunci keberhasilan dari tim rugby Papua dalam meraih emas pada PON XX lalu.
 

Terlahir dengan nama Yakob Beanal di Kampung Wa Banti pada 11 November 1999, ayah bernama Mathias Beanal dan ibu bernama Rut Kum, adalah pemain rugby yang memiliki tekad untuk bisa berprestasi dibantika dunia rugby ditanah air.
 

Dari sekian anak anak Amungme yang dipanggil bergabung menjalani training center (TC) hanya tinggal Yakob Beanal sendiri dan lainnya dalam perjalanan mundur dan bersama kapten tim Rugby Putra Papua Ronald Demena yang juga mampu menjadi kapten dan membawa timnya meraih emas.


Yakob Beanal anak dari Lembah Wa Banti yang merupakan pemain Inti Tim Rugby Papua yang berhasil meraih Medali Emas tim Putra pada Laga Final PON XX Rugby  dimana Tim Rugby Papua berhasil mengalahkan Tim Rugby Putra DKI Jakarta dengan skor  10 – 7.


Perjalanan Yakob Beanal diawali saat bermain Rugby di Kampung Banti sejak usia anak-anak atas binaan pelatih Tofinus Kafiar dan pada tahun 2016 ikut Papua Open di Timika dan Papua Open di  Jayapura. Dan pada tahun 2017 Yakob Beanal terpilih menjadi Pemain Terbaik  dari Club Bugin Me Kampung  Banti .


Atas kegigihan dan konsistensinya dalam berlatih, Yakob Beanal terus  terpilih sebagai atlit Tim Rugby Papua dan pada saat itu pelatih yang dipercayakan untuk
menjadi pelatih Tim Rugby Papua adalah George Deda untuk mengikuti Kejuaraan Nasional Rugby Ke II tahun 2018 di Djogja, dan pada saat itu berhasil membawa tim Papua Putra dan Putri meraih Medali Emas .


Yakob Beanal  dipilih kembali masuk dalam Tim PON XX Papua   tepatnya 13 Mey 2019  bersama teman-temannya dari kampung Banti oleh Pelatih Kepala George Deda. Namun dalam perjalanan TC selama 2,5 tahun banyak yang mundur dan tersisa Yakob Beanal sendiri dari Kampung Banti yang mampu bertahan hingga puncaknya pada pelaksanaan PON XX lalu.


Di dalam tim Rugby Papua PON XX selain Yakob Beanal dari Mimika, salah satu pemain lainnya yang juga dipercayakan sebagai kapten tim adalah pemain Ronald Demena. Sementara pemain Rugby Putri Papua terdapat beberapa pemain asal kabupaten Mimika diantaranya, Shisilia Soway, Lince Degey, Maria Deda dan Alince Wenda.


Tim Rugby PON Putra maupun Putri  lebih lengkap prestasinya karena tiga pelatih asal kabupaten Mimika juga dipercayakan menangani tim Rugby Papua, dan mereka adalah George Deda sebagai pelatih Kepala Putra dan Putri, George Offide sebagai asisten pelatih Putri dan Agustinus Yohanis pelatih Fisik.


Sungguh suatu kebanggaan tentunya bagi seluruh masyarakat dan pemerintah kabupaten Mimika karena para pemain dan pelatih asal kabupaten Mimika mampu menunjukkan dedikasi dan perjuangannya sehinga Tim Rugby Papua putra dan Putri mampu meraih emas dan perak dalam penyelenggaraan POn XX lalu.


Hasil dari kejuaraan PON XX lalu, tim Rugby Putra Papua melaju dengan kemenangan di seluruh pertandingan yang di laksanakan selama 3 hari dengan 19  pertandingan untuk Tim Putra dan 19 pertandingan untuk Tim Putri. (husyen opa)



Untuk selengkapnya harap membaca di :
https://www.timikabisnis.com/putra-amungme-yakob-beanal-bawa-tim-rugby-papua-raih-emas-pon-xx/